0 items in your shopping cart

No products in the cart.

7 TIPE AGAMA

Artikel ini saya ambil dari halaman 92 buku UNEXPECTED JOURNEY. Bagi anda yang ingin membaca lengkap semua bab silahkan membaca buku tersebut

Tidak ada salahnya mari kita melihat kembali tipe agama apa yang sedang anda jalankan. Tipe agama ini dapat berupa agama apa saja dan satu agama yang sama mempunyai tipe-tipe ini sesuai dengan kesadaran orang yang menjalankannya saat itu.

Ada 7 Tipe agama di dunia ini:

  1. Tipe agama FANATIK, yaitu yang menolak kebenaran dari agama dan keyakinan lainnya. Tipe agama ini hanya yakin bahwa hanya agamanya yang benar. Karena ia hanya yakin bahwa agamanya yang benar maka ia akan melakukan dakwah syiar untuk menarik orang-orang meyakini agamanya.
  2. Tipe agama KETAKUTAN, yaitu yang dibangun atas dasar ketakutan-ketakutan. Takut api neraka, takut adzab Allah, takut hukuman, takut hisab dan takut laknat Allah. Tipe ini akan banyak aturan-aturan tentang apa yang tidak boleh dilakukan. Keyword dalam tipe ini adalah ‘Neraka’
  3. Tipe agama SERAKAH, yaitu yang dibangun atas harapan-harapan yang akan digapai. Ingin nikmat, ingin rejeki, ingin pahala. Tipe ini akan banyak aturan-aturan untuk melakukan sesuatu. Lakukan ini dan akan mendapat ini. Keyword dalam tipe ini adalah ‘Surga’
  4. Tipe agama PERHITUNGAN, yaitu yang dibangun atas dasar apa yang akan saya peroleh. Otomatis tipe ini akan menjadi agama logis dan akan menjelaskan agama serta Tuhan dari sisi yang dapat dijelaskan oleh logika. Tipe ini akan banyak mencampur adukkan antara science dan agama, sehingga apabila agama dan Tuhan serta hukum-hukumnya masuk akal dan dapat dibuktikan maka ia akan mengikutinya.
  5. Tipe agama CINTA, yaitu yang dibangun bukan atas dasar logika, bukan atas dasar perhitungan. Di sini sudah tidak ada dasar fanatik, tidak ada dasar takut, tidak ada dasar serakah, tidak ada dasar perhitungan. Ia sudah beranjak dari 4 tipe sebelumnya. Namun agama dengan dasar cinta masih untuk dirinya sendiri.
  6. Tipe agama KESADARAN, yaitu yang dibangun atas dasar kesatuan antara semua yang terlihat. Di sini semua batas cinta runtuh karena dalam kesadaran cinta sudah berubah menjadi kasih sayang (compassion)
  7. Tipe agama JOY atau PERAYAAN, yaitu yang dibangun atas dasar perayaan-perayaan hidup anda.

Lalu apabila ada pertanyaan:

“Anda puasa untuk apa dan karena apa?”

“Anda berdoa untuk apa dan karena apa?”

“Anda ibadah untuk apa dan karena apa?”

Maka tentu jawaban anda akan terkait dengan salah satu tipe agama di atas.